MALWARE


Malware ( Malicious Software ), adalah program-program yang dibuat untuk sengaja merusak komputer tanpa sepengetahuan pemilik.
          Jenis – jenis dan Malware antara lain :
  1. Virus
  2. Wom
  3. Wabbit
  4. Keylogger
  5. Brwser Hajacker
  6. Troya / Trojan
  7. Spyware
  8. Backdoor
  9. Dialer
  10.  Root Kit dan Exploit
  • Virus, adalah jenis malware yang pertama kali muncul. Target utama virus adalah file yang berekstensi com, exe, dbf ato vbs, Boot sector dijadikan sasaran virus untuk bersarang. Ketika pemilik menjalankan sebuah program,virus mencari file lain untuk diserang dan kemudian bersarang di sana.
  • Worm, alias cacing adalah sebuah program yang berdiri sendiri dan tidak membutuhkan sarang untuk menyebarkan diri. Hebatnya, cacing tidak memerlukan orang untuk meyebarkan diri. Penyebarannya melalui jaringan, cacing bisa  “bertelur” di komputer yang terhubung dalam suatu jaringan. Ia masuk dari suatu sistem yang rapuh ( vulerability ), biasanya sistem operasi. Worm mematikan sistem antivirus, menonaktifkan fitur keamanan.
  • Wabbit, tidak berbeda dengan worm, hanya Wabbit menyerang sumber daya, sehingga kinerja komputer melambat. Wabbitbisa meng-kombinasikan dengan malware yang lain, seperti inilah yang sangat bisa berbahaya.
  • Keylogger, adalah sebuah program yang bisa mencatat semua tekanan tombol key board, pada tingkat yang canggih, keylogger dapat mengirimkan log yang biasanya file teks ke seseorang. Secanggih apapun enskripsi yang diterapkan oleh sebuah website, password tetap dapat diambil.
  • Browser Hijacker, mengarahkan browser yang seharusnya menampilkan ke situs yang sesuai, dimasukkan ke situs lain.
  • Troya/ Trojan,  adalah malware yang seolah-olah merupakan program yang berguna, menghibur, menyelamatkan, padahal di balik itu, ia merusak. Bedanya worm dan troya, troya tak dapat menggandakan diri.
  • Spyware, adalah program yang mengumpulkan dan mengirimkan informasi tentang pengguna komputer, tanpa sepengetahuan si pengguna. Selanjutnya informasi digunakan untuk menampilkan jendela pop-up. Spyware punya istilah lain yaitu addware. Flashget yang dipakai belum diregister akan bertindak sebagai spyware,coba saja hubungkan dengan internet biarkan saja apabila Flashget minta register, pasti akan menampilkan jendela situs lain.
  • Backdoor ( Ratware ), berdasarkan kerjanya dan perilaku penyebarannya, backdoor dibagi 2 group. Group pertama mirip dengan troya. Group kedua mirip dengan worm. Dijalankan sebagai bagian dari proses boot.
  • Dialer, menghubungkan komputer ke internet guna mengirimkan informasi yang di dapat dari keylogger, spyware atau malware keorang lain. Biasanya siapa yang diuntungkan?pastilah penyedia jasa telepon.
  • Exploit dan Rootkit, Exploit program yang menyerang kerapuhan keamanan ( Security Vulnerability). Rootkit berguna menghapus jejak penyerangan, seperti menghapus log dan menyembunyikan proses dari malware itu sendiri. ( admin )



Comments

Popular posts from this blog

SELINGKUH

Penyebab Kentut Bau dan Penanggulangannya